sahabat Cempluk didirikan dan digerakkan oleh para penyintas Lupus. Sebagai Odapus para pendiri sangat memahami apa yang dirasakan oleh para Penderita Lupus Autoimun dan keluarganya. Mulai dari memahami penyakit itu sendiri, memahami proses pengobatan, permasalahan sosial dan ekonomi yang tentunya mengubah dinamika keluarga secara keseluruhan.

Sahabat Cempluk didirikan pada tahun 2014 dengan nama Sahabat Kupu. Didirikan oleh tiga orang dari Odapus, Ian Sofyan, Suliza Miranti, dan Lucia Tyas. Beberapa bulan kemudian, Suliza memilih fokus pada kondisi medis dan vakumnya. Sedangkan Lucia Tyas (mantan) mendirikan Lupus Warrior yang lebih fokus memberikan dukungan kepada Odapus dewasa di daerah asalnya di Magelang.

Lanjut Ian Sofyan dengan Sahabat Cempluk dengan dukungan relawan dan dokter yang merawat anak penderita Lupus Autoimun. Sahabat Kupu dibangun sejak awal untuk memberikan edukasi kepada Odapus, keluarga dan masyarakat secara informatif dan komunikatif. Langkah pertama adalah membuat buku pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pasien dan keluarga (Buku Pintar Lupus) dilanjutkan dengan animasi sederhana yang mendapat respon cukup positif.

Pada tahun 2016 Sahabat Kupu berganti nama menjadi Sahabat Cempluk. Bepergian dengan teman-teman merupakan pergumulan emosional, tidak bisa kita abaikan bahwa banyak masalah terkait fasilitas, akses dan keuangan yang dibutuhkan. Sahabat Cempluk mengupayakan kerjasama dengan berbagai penyedia open house, ambulans dan instansi lainnya untuk dapat membantu kebutuhan tersebut.