QnA


LUPUS adalah penyakit Autoimun karena sistem imun seseorang tidak normal. Seharusnya sistem imun melindungi tubuh dari serangan virus , bakteri atau zat-zat yang membahayakan tubuh. Pada orang dengan kondisi autoimun, sistem imun justru menyerang sel – sel sehat yang seharusnya di lindungi.

Gejala Lupus tidak spesifik dan sering mririp dengan penyakit lainya. Karena itu Lupus disebut peniru ulung atau great imitator. Gejala Lupus yang dialami setiap orang juga bisa berbeda Gejala penyakit Lupus sangat umum menyerupai penyakit lainnya, seperti panas tinggi, demam berkepanjangan secara berulang dengan penyebab yang tidak jelas, nyeri pada tulang dan persendian seperti pada rematik, nyeri otot, biru-biru dan lebam pada kulit, sensitif terhadap cahaya (foto sensitif), dan sinar matahari, mudah lelah, sering sariawan dan lama sembuhnya, rambut rontok , bercak – bercak merah di wajah dibagian pipi dan hidung berbentuk kupu-kupu (butterfly rash).

Untuk mengenali LUPUS, Kementrian kesehatan sudah menetapkan gerakan Saluri (Periksa Lupus Sendiri ) kriterianya dirangkum dalam video di bawah ini.

Bagian tubuh yang diserang, bisa satu organ saja atau beberapa organ sekaligus. Karena bersifat sistemik maka Lupus bisa menimbulkan kerusakan yang sangat berat. Karena bagian yang diserang pada setiap orang bisa berbeda – beda maka kondisi dan pengobatan pada setiap orang juga sangat berbeda, bisa menyerang seluruh organ tubuh manusia seperti darah, jantung, ginjal, kulit,tulang, sendi, paru-paru, syaraf lainnya. Dibeberapa kasus Odapus bisa mengalami ganguan pada beberapa organ sekaligus (multi organ).

Secara umum Lupus itu ada 4 jenis :

  1. Diskoid
    Diskoid Lupus adalah, lupus yang menyerang kulit. Biasanya odapus mengalami ruam dan bercak merah. Ruam yang paling khas berbentuk kupu-kupu pada bagian wajah.
  2. SLE
    SLE adalah singkatan dari Systemic Lupus Erythematosus, jenis yang paling kompleks dan paling rumit penanganannya karena Lupus jenis ini bias menyerang seluruh jaringan dan organ tubuh. Bahkan bisa menyerang beberapa organ tubuh sekaligus atau multi organ.
  3. Drug Indulce
    Lupus yang muncul akibat konsumsi obat-obatan jenis tertentu, atau konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu panjang.
  4. Neonatal Lupus
    Beberapa referensi menambahkan Neonatal Lupus, yaitu Lupus yang pada bayi yang baru lahir.

Ada beberapa pantangan yang harus di perhatikan oleh Odapus, yaitu :

Lupus adalah jenis penyakit kronis atau penyakit menahun yang belum bisa di sembuhkan. Tetapi bukan berarti Odapus akan selalu dalam kondisi sakit – sakitan. Lupus bisa membaik dan Odapus bisa hidup senormal orang lain, tetapi Lupus juga bisa sewaktu – waktu memburuk. Karena itu Odapus perlu menjaga kondisi agar tidak kecapekan, makan sehat dan mengatur stress.

Tidak. Kalau kondisi kamu terkontrol, maka kamu bisa dapat REMISI. Yaitu libur minum obat. Yang menentukan REMISI adalah dokter. Dari konfirmasi apa yang kita rasakan dan hasil periksa lab yang bagus. Jadi penting untuk jujur tentang gejala yang kita rasakan, jangan hanya demi remisi lalu kita menyembunyikan kondisi sebenarnya. Remisi yang tidak tepat akan membuat gejala – gejala yang tidak kita sukai muncul lagi.

Meskipun terlihat dan merasa baik – baik saja bukaan berarti Lupus kita sudah kalem yah, Gejala Lupus bisa jadi tidak terlihat tetapi sudah mulai muncul dan hanya bisa di ketahui lewat pemeriksaan lab. Untuk informasi tambahan bisa cek link ini

Secara umum obat-obatan yang kita minum ada 3 jenis:

  1. Anti inflamasi (link ke Instagram ttg inflamasi) atau anti peradangan. Saat sistem imun sedang over acting sedang error, kita akan mengalami peradangan baik di pembuluh darah dan organ – organ penting lainnya.
  2. Immunosupresan (Obat untuk menekan dan mengendalikan sistem imun yang berlebihan)

Flare artinya kambuh. Saat gejala – gejala Lupus mulai terasa dan makin berat berarti kita sedang Flare. Segera di periksa yah

Tidak ada siklus dan rentang waktu tertentu bagi penyakit Lupus. Karena Lupus pada setiap orang bisa berbeda dan gejala dan tingkat keparahannya maka untuk sampai remisi dan terkontrol pada setiap orang membutuhkan wakktu yang berbeda – beda.

Tidak. Lupus adalah penyakit yang disebabkan sistem imun seseorang menyerang dirinya sendiri dan tidak bisa menyerang sistem imun orang lain, jadi tidak mungkin menular. Lupus juga tidak disebabkan oleh virus dan bakteri jadi tidak bisa menular.

Penyebab Lupus dan mengapa sistem imun seseorang bisa error belum diketahui. Tiga hal yang dianggap bisa memicu Lupus adalah faktor genetic, faktor lingkungan dan sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja normal.

Ada perubahan tertentu yang terjadi pada tubuh ODAPUS, contohnya :

  1. Penampilan
    • Bertambah berat badan
    • Berat badan turun
    • Muncul bercak merah atau strechmark pada kulit
    • Rambut rontok
    • Moon face (muka tembem)
    • Dll
  2. Penurunan kemampuan
    • Pada kasus berat tidak bisa berjalan
    • Merasa tidak kuat menggerakan anggota tubuh
    • Gangguan penglihatan
    • Sakit pada tulang dan sendi
    • Tremor dan kram yang mengganggu fungsi tangan dan jari-jari
  3. Problem psikis
    Insecure, minder dan kegelisahan karena kondisi – kondisi tersebut no satu dan 2 tidak bisa di prediksi kapan selesai. Sementara kondisi tersebut menyebabkan Odapus bisa menyababkan Odapus putus pendidikan dan kehilangan pekerjaan.

Gejala paling spesifik pada Odapus (Orang dengan Lupus) yang tidak ditemukan pada Autoimun lainnya adalah butterfly rash. Tetapi tidak semua Odapus mengalami butterfly rash.